Jumat, 05 September 2014

10 Jembatan Unique dan Futuristik

Di dunia terdapat jutaan unit jembatan yang telah dibangun yang tersebar di seluruh negara - negara di dunia, dari sekian jumlah jembatan tersebut terdapat beberapa jembatan yang memiliki keunikan futuristik dan memiliki nilai estetika yang tinggi.
Berikut 10 Jembatan Unik dan Futuristik ;

10.  Jembatan Oliveira
       Tipe Jembatan : Cable Stayed
       Lokasi : Sao Paolo, Brazil


Jembatan kabel Octavio Frias de Oliveira adalah jembatan cable stayed yang terletak di kota São Paulo, di São Paulo, Brasil di atas Sungai Pinheiros, dibuka pada Mei 2008. Jembatan ini memiliki tinggi 138 m (450 kaki), dan menghubungkan ke Pinheiros Marjinal Jornalista Roberto Marinho Avenue di daerah selatan kota. Dek jembatan adalah tidak biasa karena bentuknya, yang mirip dengan "X", melintasi menara. Lebar "X" adalah 76 meter pada bagian dasar dan 35,4 meter di bagian atas. Ini adalah satu-satunya jembatan di dunia yang memiliki dua trek melengkung didukung oleh sebuah tiang beton tunggal. Dua jalur melengkung, satu di ketinggian 12 meter dan yang lainnya di ketinggian 24 meter, memiliki panjang 900 meter perkiraan masing-masing. Pada akhir Desember lampu diletakkan di atas kabel dan diterangi untuk menciptakan efek warna seperti pada pohon Natal. Jembatan ini juga menyala pada acara-acara khusus selama tahun ini dan sering digunakan untuk iklan mobil di televisi.

9.  Jembatan Banpo
     Tipe Jembatan : Girder
     Lokasi : Seoul,Korea Selatan

Tanggal 9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar-besaran, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit menggunakan air sungai di bawahnya.

8.  Jembatan Millau
     Tipe Jembatan : Cable Stayed
     Lokasi : Millau, Perancis

Jembatan Millau (Bahasa Perancis: le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Lord Foster, Millau merupakan jembatan "vehicular" tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341 meter (1.118 kaki); sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau dibuka resmi pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.

7.  Jembatan Infinity 
     Tipe Jembatan : Cable Stayed
     Lokasi : Stockton, Inggris

Jembatan Infinity adalah sebuah jembatan penyeberangan elegan yang dibuka pada musim semi 2009. Jembatan ini memiliki panjang hampir 800ft, Desainnya unik saat siang hari, tapi pada malam hari  benar-benar menghidupkan suasana. Perusahaan arsitektur Inggris Speirs & Mayor bertanggung jawab untuk merancang skema pencahayaan yang akan menonjolkan desain jembatan yang berinovasi. Menurut Speirs & Major, lampu putih dingin digunakan untuk menerangi lengkungan asimetris jembatan.

6.  Jembatan Nanpu
     Tipe Jembatan : Cable Stayed & Girder
     Lokasi : Shanghai,China

Jembatan Nanpu adalah keajaiban rekayasa jembatan dari sisi estetika, salah satu dari dua jembatan gantung/cable stayed melintasi Sungai Huangpu di Shanghai. Jembatan Nanpu terdiri dari enam jalur lalu lintas dan trotoar pejalan kaki yang dibangun pada ketinggian 150 kaki untuk memungkinkan pergerakan bebas lalu lintas pengiriman melewati sungai Huangpu. Dalam rangka mencapai Jembatan cable stayed didesain jembatan/jalan melingkar yang dilengkapi dengan pencahayaan LED. Sungguh menakjubkan.

5.  Jembatan Tsing Ma
     Tipe Jembatan : Suspension Bridge
     Lokasi : Hongkong,China

The Tsing Ma Bridge adalah jembatan gantung bentang kesembilan terpanjang di dunia, dan merupakan kedua terpanjang pada saat penyelesaian. Ini memiliki dua deck dan membawa kedua jalan dan rel lalu lintas, yang juga membuat jembatan gantung terbesar dari jenis ini. Tidak ada jalan setapak di jembatan. Jembatan ini memiliki lebar deck 41m membawa enam jalur lalu lintas mobil, dengan tiga jalur di setiap arah. Tingkat yang lebih rendah berisi dua rel dan dua carriage ways terlindung, digunakan untuk akses pemeliharaan dan jalur lalu lintas ketika topan sangat parah menyerang Hong Kong dan dek jembatan ditutup untuk lalu lintas.

4.  Jembatan Gateshead Millenium
     Tipe Jembatan : Cable Stayed
     Lokasi : Newcastle,Inggris

Disebut sebagai 'Blinking Bridge Eye' atau 'Winking Bridge Eye' karena bentuk dan metode miring tersebut. The Gateshead Millennium Bridge adalah jembatan pertama saat ini yang bisa memiringkan konstruksinya. Tapi hal yang paling menakjubkan tentang Jembatan pejalan kaki dan pengendara motor ini pada Sungai Tyne adalah bahwa jembatan tampak seolah-olah hilang secepat mata mengedip setiap kali dinaikkan dan diturunkan saat ada kapal/perahu melintasi jembatan ini. Jembatan ini dibuka untuk umum pada September 2001. Desain inovatif dan unik jembatan ini telah memenangkan banyak penghargaan sejak Ratu Elizabeth secara resmi dibuka pada tahun 2002.

3.  Jembatan  Sydney Habour
     Tipe Jembatan : Arch Steel Bridges
     Lokasi : Sydney,Australia

Dijuluki "The Coathanger" oleh penduduk setempat di Sydney karena desain berbasis lengkungan nya. Pemandangan dramatis jembatan, pelabuhan, dan dekat Sydney Opera House adalah sebuah gambar ikon Sydney, New South Wales, dan Australia. The Bridge dibuka pada tahun 1932 dan merupakan titik fokus dari Aussie kebanggaan dan perayaan. Ini adalah jembatan keenam terpanjang spanning-lengkungan jembatan di dunia. Ini adalah lengkungan baja tertinggi dan terluas jembatan bentang panjang, di 48.8 meter (160 kaki) lebar. Setiap tahun untuk jembatan itu pada Malam Tahun Baru digunakan untuk menampilkan kembang api menciptakan berbagai efek seperti wajah smiley dan bola disko.

2.  Jembatan Sutong
     Tipe Jembatan : Cable Stayed
     Lokasi : Yangzi Jiang,China



Selesai pada tahun 2008, Jembatan Sutong melintasi Sungai Yangtze dan menghubungkan kota-kota Nantong dan Changshu. Waktu tempuh dari Shanghai ke Nantong dipotong dari empat jam menjadi hanya satu jam. Ini adalah jembatan kabel, dan tinggi berasal dari menara besar mendukung 1km rentang di tengah. Semua mengatakan, jembatan ini 8.2 km panjang. Jembatan ini pada tahun 2010 menerima penghargaan Outstanding Civil Engineering Achievement Award dari American Society of Civil Engineers.

1.  Jembatan Golden Gate
     Tipe Jembatan : Suspension Bridges
     Lokasi : San Fransisco, California - Amerika Serikat


Jembatan Golden Gate adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Dia menghubungkan kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Panjang jembatan keseluruhan 2.727 m, jarak antara menara adalah 1.280 m, dan ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air. Jembatan ini selesai pada tahun 1937 dan saat itu menghabiskan anggaran US$ 26 Juta. Jembatan ini sebagai pelopor perkembangan dunia konstruksi di dunia

4 komentar: